Blogroll

Kamis, 21 Juni 2012

Sejarah PSAP FIS UNY

Berbicara tentang aspek kesejarahan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (PSAP FIS UNY) tidak dapat dilepaskan dari sejarah berdirinya FIS UNY, yang secara ringkas adalah sebagai berikut:
1.       IKIP Yogyakarta lahir berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 55 tahun 1963, tanggal 22 Mei 1963. Salah satu fakultasnya adalah Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS) yang diresmikan oleh Menteri PTIP tanggal 21 Mei 1964. Keputusan ini dikuatkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 268 Tahun 1965, tanggal 14 September 1965. Dalam rangka memantapkan fungsi keguruan di bidang Ilmu Sosial, rector IKIP Yogyakarta mengeluarkan surat Keputusan Nomor 05 tahun 1965 yang isinya antara lain pergantian nama FKPS menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS).
2.       Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 54 tahun 1982 tertanggal 7 September 1982 FKIS berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS).
3.       Selaras dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan dunia kerja, IKIP Yogyakarta dikembangkan menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 93 tahun 1999. Hal ini diikuti dengan perubahan nama fakultas di lingkungan UNY, FPIPS berubah menjadi FIS, yang disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 274/1999.
4.       Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12 Tahun 2006, FIS berubah menjadi Fakultas ILmu Sosial dan Ekonomi  (FISE) dan pada tangagl 22 Juni FISE berkembang menjadi dua fakultas, yaitu FIS dan FE.
Sejak awal berdirinya IKIP/UNY, nama Jurusan Ilmu Administrasi (FKIS) sudah ada, namun dalam perjalanannya mengalami berbagai perubahan. Perubahan tersebut adalah:
1.       Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0554/O/1983 tentang Jenis dan jumlah jurusan pada Fakultas di Lingkungan IKIP Yogyakarta dan diperkuat dengan Keputusan Dirjen Dikti No. 31/Dikti/Kep/1984 tentang Jenis dan Jumlah Program Studi di Setiap Jurusan pada Fakultas di Lingkungan IKIP Yogyakarta, pada FPIPS IKIP Yogyakarta terdapat Jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU) dengan Program Studi: (1) Pendidikan Administrasi Perkantoran, (2) Pendidikan Akuntansi, (3) Pendidikan Koperasi. Keputusan ini menggabungkan tiga jurusan yang semula berdiri sendiri, yaitu Jurusan Ilmu Administrasi, EkonomiPerusahaan, dan Ekonomi Koperasi. Di sini Jurusan Ilmu Administrasi turun menjadi Program Studi.
2.       Keputusan Dirjen Dikti No. 245/Dikti/Kep/96 tertanggal 11 Juli 1996 tentang Program Studi pada Program Sarjana di lingkkungan IKIP Yogyakarta. Jurusan PDU sudah tidak muncul, akan tetapi muncul Program Studi Pendidikan Ekonomi inilah tiga prodi yaitu Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Koperasi berstatus sebagai Bidang Keahlian Khusus (BKK).
3.       Berdasarkan Surat Dirjen Dikti No. 3204/D/T/2002 BKK-Bkk: Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Ekonomi Koperasi berkedudukan sebagai Program Studi.
4.       Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran sekarang berada di Jurusan Pendidikan Administrasi.



Disampaikan oleh Sugi Rahayu, M.Pd., M.Si., dalam Seminar “Revitalisasi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Menghadapi Tuntutan Dunia Kerja” pada tanggal 28 April 2012 di FIS UNY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar